Pencarian






Artikel Terkini


KRIMINALISASI DOKTER YANG DIKECAM

Kamis, 27 Februari 2014, 11:31 | 0 Komentar

Dr Paulus Januar, drg, MS Laboratorium Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. DR Moestopo…
Lanjutkan membaca »

Satgas Awasi Pelaksanaan JKN

Kamis, 16 Januari 2014, 22:34 | 0 Komentar

Penulis : Rosmha Widiyani | Minggu, 12 Januari 2014 | 09:09 WIB
Lanjutkan membaca »

SJSN KESEHATAN DAN SUBSIDI BBM

Sabtu, 13 Juli 2013, 09:11 | 0 Komentar

SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) bidang Kesehatan
Lanjutkan membaca »

90 Persen Tukang Gigi Tak Berizin

Minggu, 28 April 2013, 00:23 | 0 Komentar

TEMPO.CO, 16 Januari 2013. Bandung-Sebanyak 90 persen dari sekitar 75 ribu tukang gigi di Indonesia…
Lanjutkan membaca »

PDGI hargai putusan MK terkait tukang gigi

Selasa, 09 April 2013, 07:52 | 0 Komentar

Senin, 18 Februari 2013 14:40 WIB | Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Dokter…
Lanjutkan membaca »
Artikel Lainnya »

oral health day.jpg

HARI KESEHATAN GIGI DAN MULUT SE DUNIA

Selasa, 28 September 2010, 15:18

Hari kesehatan gigi dan mulut se dunia (world oral health day) diperingati setiap tahun pada tanggal 12 September.

  Pemilihan tanggal 12 september menjadi hari kesehatan gigi dan mulut se dunia berdasarkan pertimbangan pada tanggal 12 september 1978 berlangsung  Konperensi Internasional WHO mengenai pelayanan kesehatan primer yang menghasilkan dokumen bersejarah piagam Alma Alta. Selain itu tanggal tersebut juga untuk menghormati pendiri FDI World Dental Federation, Dr Charles Gordon, yang lahir pada 12 september 1854. Berdasarkan pertimbangan tersebut kemudian FDI World Dental Federation yang menghimpun organisasi profesi dokter gigi se dunia dalam sidang umum pada  26 oktober 2007 di Dubai menetapkan 12 september sebagai hari kesehatan gigi dan mulut se dunia. Setelah itu sejak tahun 2008 setiap tahun pada tanggal 12 september berlangsung peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia.

Peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia dilaksanakan dalam rangka menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam tingkat global. Peringatan hari kesehatan gigi dan mulut merupakan kesempatan untuk melakukan kegiatan dan inisiatif khusus yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut serta juga pengaruhnya terhadap kesehatan umum maupun kehidupan sosial.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan R.I. juga setiap tahun menyelenggarakan peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia. Pada tahun 2010 ini peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia pada 12 september mungkin tidak terlalu banyak dirayakan karena masih dalam suasana lebaran. Namun Kementerian Kesehatan R.I. tidak melewatkannya dan peringatan tahun ini dilaksanakan dengan tema: "GIGI MULUT SEHAT JENDELA TUBUH SEHAT".

Dalam rangka menyambut hari kesehatan gigi dan mulut se dunia 2010, pada bulan Juli 2010 telah diselenggarakan kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama antara PDGI, AFDOKGI, dan PT Unilever. Pada bulan kesehatan gigi nasional dilakukan pendidikan kesehatan gigi melalui iklan layanan masyarakat yang ditayangkan pada berbagai media massa. Pada iklan layanan masyarakat tersebut disampaikan anjuran untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini serta perlunya pemeriksaan gigi secara rutin 6 bulan sekali. Selain itu diselenggarakan pelayanan gigi gratis yang bekerja sama dengan AFDOKGI yang dilaksanakan di 13 Fakultas Kedokteran Gigi, serta juga akan dilaksanakan bersama dengan cabang-cabang PDGI di beberapa daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.  Pada kegiatanpelayanan kesehatan gigi tersebut 1.82 dokter gigi, 1.049 mahasiswa kedokteran gigi, dan 245 perawat gigi telah berpartisipasi untuk melayani 17.542 warga masyarakat yang mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi, serta pemeriksaan dan perawatan gigi.

Marketing Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, Hemie Raharja, menuturkan kegiatan pelayanan gigi dalam bulan kesehatan gigi nasional mendapat sambutan yang baik dari masyarakat serta dukungan dari tenaga kesehatan gigi.

Ketua PB PDGI drg Zaura Anggraeni MDS menyatakan, Bulan Kesehatan Gigi Nasional bukan saja dalam membangun kesadaran masyarakat dalam meningkatkan  kesehatan giginya namun juga menjadi medium bagi tenaga kesehatan gigi di Indonesia untuk melayani masyarakat. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu untuk terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat.

"Terjaganya kualitas kesehatan gigi masyarakat, pada gilirannya nanti akan berkontribusi secara positif terhadap kualitas kesehatan masyarakat secara umum dan mencegah munculnya penyakit berbahaya lainnya," ujar Zaura menanggapi hasil pelaksanaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se Dunia.

(pj)


Telah dilihat: 2651 | Apakah anda suka dengan berita ini?: Suka (23)| Tidak Suka (0)

Komentar

  • 1 Drg Mariana
    Kamis, 21 Oktober 2010, 09:26
    perlu disosialisasikan ulang tanggal hari kesehatan gigi dan mulut sedunia 12 september

Tulis Komentar

« Masukkan teks yang ditampilkan di dalam kotak (tidak case sensitive)